Kerumunan Positif di Festival Gerakan Indonesia Mengajar!

Image

Pernahkah datang ke satu festival? 

Bayar tiket masuk?

Berkumpul dengan kerumunan orang tak dikenal?

Menonton musik bersama?

Menonton film bersama?

Ikutan kerja bakti?

Untuk pertanyaan terakhir, (dengan dahi sedikit mengernyit) kebanyakan jawaban tidak atau belum pernah. 

Inilah yang terjadi di Festival Gerakan Indonesia Mengajar di Ecovention Hall, Ancol, Jakarta pada 5-6 oktober kemarin. 

Image

Festival yang baru pertama kali diselenggarakan ini diprakarsai oleh Gerakan Indonesia Mengajar  bertujuan untuk membantu dan berfungsi sebagai media pendukung para pengajar muda di daerah-daerah yang kesulitan fasilitas. 

Ecovention Hall dibuka sejak pukul 10.00 pagi, dalam melakukan #KerjaBakti, para relawan bebas memilih kegiatan apa yang akan dilakukannya. Kegiatan-kegiatan ini terbagi dalam beberapa wahana dengan tempat yang berbeda-beda:

Image

 

Gak tanggung-tanggung, lebih dari 9000 orang berkumpul untuk melakukan #KerjaBakti ini. Salah satu tim Aksaramaya, Farid Ardian pun hadir disana, salah satu kegiatan yang dilakukannya ada di pos Kartupedia. 

Terdapat ratusan kartu berisi gambar yang akan digunakan untuk materi belajar anak-anak di daerah pelosok. Relawan diminta untuk menuliskan informasi dari gambar. Nah, kebetulan Farid mendapatkan kartu bergambar Big Ben dari kategori “Bangunan Bersejarah”. Dan inilah hasilnya:

Image

Semua hasil #KerjaBakti ini akan dikirimkan ke 126 SD di 17 Kabupaten di Indonesia! 

Image

Dengan festival ini, para relawan  berharap pendidikan bisa merata mencapai pelosok daerah di Indonesia. Mimpi besar untuk ini negara tercinta. Tak jauh dari mimpi kita di Aksaramaya.  

(foto: @festivalGIM, https://www.facebook.com/groups/festivalgim)