Aksaramaya untuk Universitas Bina Darma

Siapa tau Palembang?

Image

X : Taulah! Kota pempek!

Bukan makanan berbahan dasar ikan dan sagu itu aja dong yang terkenal dari Palembang. Ada sungai Musi, sungai terpanjang di Sumatera yang membelah kota Palembang menjadi dua; ada juga jembatan Ampera yang cocok banget buat pacaran merupakan ikon kota palembang dan dibangun tahun 1962. Gak cuma itu, ada juga kain Songket, salah satu jenis tekstil terbaik di dunia dan disebut-sebut sebagai Ratunya kain.

Image

X : Wuih, keren juga kota yang satu itu!

Ditambah lagi, kemaren Palembang baru aja sukses menjadi tuan rumah Islamic Solidarity Games ke-3 yang diikuti dengan sukses tim Indonesia menjadi juara umum!

Image

X : Trus, kenapa ngomongin Palembang?

Karena tim Aksaramaya sempat hadir disana.

Bukan menjadi kontingen ISG ke-3.

Bukan juga untuk membuat Pempek.

Image

Bukan juga untuk wisata ke Jembatan Ampera,

Image

tapi…

Untuk menemui mahasiswa Universitas Bina Darma.

Sebelumnya, kita cerita dulu nih tentang Universitas Bina Darma.

ImageImage

Universitas Bina Darma yang terletak di kota Palembang punya tujuh fakultas yaitu Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi, Fakultas Bahasa dan Sastra, Fakultas Teknik, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Komunikasi, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Kerennya, Universitas ini secara aktif mengembangkan kerja sama dengan beberapa universitas di luar negeri, di antaranya: University of Industri Selangor (UNISEL) Malaysia, Sun Microsystem, Barring Edu Training Sdn Bhd-Malaysia, Pearson VUE Authorised Center-India, NIIT Antilles NV – Neteherlands, Planet Edupro Indonesia (University of Cambridge English for Speakers of Other languages (ESOL) Authorised Main Center), Cisco Networking Academy, Stichting Hogeschool Zeeland (HZ)-Holland, dan NPO International Japanese Education Center.

X : Trus, apa hubungannya dengan Aksaramaya?

Ceritanya nih… Tim Aksaramaya melakukan kerja sama dengan Universitas Bina Darma untuk menyediakan e-Pustaka dan mengkonversi buku-buku cetak yang dipakai oleh semua dosen ke e-Book dengan format ePUB, awalnya untuk mahasiswa baru dulu, nantinya akan diperuntukkan semua mahasiswa.

Ini sesuai dengan visi Universitas Bina Darma yaitu Menjadi Universitas Berstandar Internasional Berbasis Teknologi Informasi  Pada Tahun 2020.

Ardian1

Presentasi Aksaramaya

X : Wuih, hebat!

Iya dooong! Jadi, mahasiswa Universitas Bina Darma nantinya gak perlu repot-repot membawa tumpukan buku cetak yang tebal untuk belajar, mereka tinggal buka gadget mereka dan masuk ke dalam sistem e-Pustaka untuk membaca e-Book yang mereka inginkan. Praktis!

Ini adalah waktu tim Aksaramaya melakukan presentasi di kuliah perdana mahasiswa baru tahun akademik 2013/2014:

ImageImage

Image

Semakin banyak kampus yang menggunakan e-Pustaka, pastinya semakin banyak mahasiswa yang belajar dengan praktis!