Bangga Berbahasa Indonesia!

Bulan Bahasa memang sudah lewat, tapi berbangga memakai Bahasa Indonesia boleh terus dong?

Ada banyak alasan kita harus berbangga dengan bahasa nasional kita nih!

Image

1. Bahasa Indonesia termasuk 10 bahasa yang paling banyak digunakan di dunia!

Ada 159 juta orang yang menggunakan Bahasa Indonesia. Selain di Indonesia sendiri yang merupakan salah satu negara terpadat di dunia, Bahasa Indonesia juga dipakai di negara tetangga seperti Malaysia. Meskipun banyak dialek, tetapi berakar pada satu bahasa yang sama. Bahkan, Bahasa Indonesia dipakai lebih banyak daripada Bahasa Perancis yang justru merupakan salah satu bahasa resmi PBB!

Image

2. Lebih dari 45 negara mempelajari Bahasa Indonesia! Beberapa di antaranya adalah Australia, Jepang, Vietnam, Mesir, bahkan Italia.

Image

Di Australia, Bahasa Indonesia merupakan bahasa paling populer keempat. Ada sekitar 500 sekolah pada tingkat pendidikan dasar yang mengajarkan bahasa Indonesia disana (187 diantaranya berada di Australia Barat), dan biasanya Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang wajib dipelajari di tingkat sekolah dasar. Belum lagi jumlah perguruan tinggi yang menyediakan jurusan Bahasa atau Sastra Indonesia, membuat Australia menjadi salah satu negara yang paling intens mengembangkan bahasa Indonesia.

Di benua Afrika, Mesir tercatat sebagai negara yang paling utama mengembangkan Bahasa Indonesia. Disana baru saja dibangun Pusat Studi Indonesia yang berada di Suez Canal University, dan merupakan langkah awal untuk lebih mendalami Indonesia dari semua aspek, mencakup ideologi, politik, sosial dan budaya, ekonomi dan pertahanan keamanannya.

Di Eropa, ada Italia yang juga memiliki minat mendalam terhadap bahasa Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari jumlah klub sepakbola asal negara tersebut yang telah meluncurkan situs resmi mereka dalam bahasa tanah air yang disebut – sebut sebagai bahasa tersulit ke – 3 di Asia ini. Sejauh ini ada tiga klub Italia yang memiliki situs dalam bahasa Indonesia yaitu Juventus, Intermilan, dan AC Milan.

Image

Di beberapa platform sosial media, Bahasa Indonesia masuk ke dalam 10 Bahasa yang paling sering ditemukan. Contoh: Untuk Facebook, Bahasa Indonesia berada di posisi ke-5 Bahasa yang paling banyak digunakan dibawah Inggris, Spanyol, Portugis, dan Perancis.

Image

Para blogger pasti akrab dengan situs WordPress. Bahasa Indonesia menjadi bahasa paling banyak digunakan ke-4 dengan total 3.5% dari seluruh pengguna WordPress di bawah Inggris (66%), Spanyol (8.7%), dan Portugis (6.5%).

Dengan semua statistik dan fakta diatas, semakin PD menggunakan Bahasa Indonesia dong?

Image

 

sumber:

https://www.facebook.com/notes/cemrawan-fersy/bahasa-indonesia-diminati-warga-dunia/10151244464047785

http://listverse.com/2008/06/26/top-10-most-spoken-languages-in-the-world/

http://en.wordpress.com/stats/