RaBuku – Rekomendasi Buku : Happiness Inside

Image

Judulnya Happiness Inside, apakah berarti buku ini khusus untuk mereka yang tidak bahagia? Mereka yang masih mencari sumber kebahagiaan? Pertanyaan sebenarnya adalah, dimana mencari kebahagiaan tersebut? Itulah yang ingin sang penulis, Gobind Vashdev bantu mencari jawabannya. Tidak serta merta memberikan jawaban di dalam bukunya, tapi membantu pembaca untuk menemukan apa kebahagiaan yang sebenarnya. 

Dari judulnya sih jelas bahwa menemukan kebahagiaan harus mencari di dalam diri sendiri, hence the title “Happiness Inside”, bagaimana mencarinya? Nah, bab per bab dari buku inilah yang akan membuka mata kita. Membaca buku ini tidak seperti membaca novel yang harus berurutan dari bab pertama ke bab selanjutnya sampai terakhir untuk mengerti jalan ceritanya, membaca buku ini seperti mengambil makanan di restoran All You Can Eat, tinggal pilih yang mana yang mau dimakan duluan. Jadi, silahkan membaca secara acak, bab mana yang mau kamu baca duluan, judul mana yang lebih menarik, tulisan mana yang membuat penasaran, tanpa kehilangan makna dari keseluruhan buku. 

Membaca buku yang ditulis Gobind ini seperti membuka mata lebih jelas atas hal-hal yang terjadi di sekitar kita. Sungguh di sekitar kita. Memaknai hal kecil menjadi satu peristiwa yang bisa mengubah cara kita memandang peristiwa. Contohnya adalah bagaimana kita seringkali menganggap serangga sebagai pengganggu, hama yang harus diberantas. Padahal, siapa tau justru kita yang mengganggu mereka. 

Bab pertama yang ditulis oleh Gobind yang menganggap dirinya sebagai heartworker ini bercerita tentang pengalamannya diwawancara di sebuah stasiun radio dan mendapat keluhan dari seorang ibu yang merasa kesulitan melakukan hal-hal yang membuatnya bahagia, kesulitan menerapkan omongan-omongan para motivator untuk bisa membuatnya bahagia. Menurut Gobind, tubuh kita ini seperti pohon yang tergantung bibit apa yang ditanam. Kesulitan menjadi bahagia bisa jadi karena bibit-bibit negatif yang selama ini kita siram dan semakin mengakar dalam tubuh. Mengubah kebiasaan, pola pikir, perasaan negatif yang mengakar itulah yang sulit.

Semakin dibaca, Happiness Inside semakin masuk ke dalam pikiran, rasa, dan jiwa. Dengan harapan, you’ll find your own happiness and share it with others!