Wow… Perpustakaan Tanpa Buku!

Sebuah perpustakaan di San Antonio, Texas, bertransformasi dari cetak ke digital. Perubahan ini dinilai sangat dramatis.
Image
Bexar County Digital Library (BiblioTech), nama perpustakaan itu, hanya berisi monitor-monitor, tanpa buku. Jika masuk ke dalam, bangunan itu tidak tampak seperti perpustakaan.

Image

BiblioTech adalah satu-satunya perpustakaan umum yang tidak memiliki koleksi buku secara fisik di Amerika. Kata Nelson Wolff, penggagas BiblioTech, biaya yang diperlukan untuk mendirikan perpustakaan ini lebih sedikit dari biaya perpustakaan tradisional (perpustakaan yang masih memiliki koleksi buku secara fisik). Sebab hanya dibutuhkan ruangan kecil dan sedikit pekerja.

“Kami bisa lebih fokus pada pelanggan dan memudahkan mereka untuk menjangkau koleksi bacaan kami, tanpa perlu repot-repot melakukan transaksi atau penataan buku secara fisik,” kata kepala perpustakaan Ashley Eklof .

BiblioTech dibangun dikotayang sebagian besar masyarakatnya tidak memiliki akses internet di rumah. Perpustakaan memberi ijin pembaca mengunduh buku dari rumah. Di perpustakaan juga digelar kelas teknologi.

Pengagas perpustakaan ini mengharapkan 100.000 pengunjung pada tahun pertama. Ia pun berencana untuk membangun lebih banyak perpustakaan serupa. (Cnet)

Sumber: klik di sini