Mandela Dalam Buku.

Jumat pagi datang dengan kabar buruk.

Salah satu sosok yang inspirasional, Nelson Mandela, telah pergi.

Nelson Mandela, meninggal dunia pada usia 95 tahun setelah menjalani perawatan karena infeksi paru-paru selama tiga bulan belakangan. Dalam pernyataan yang disiarkan oleh stasiun TV nasional Afrika Selatan, Presiden Jacob Zuma mengatakan Mandela ‘pergi dengan damai’. Jacob menambahkan bahwa bangsanya kehilangan putra terbaiknya.

Walaupun Mandela telah tiada, tapi semangat, ide, pemikirannya akan selalu bisa kita baca dan ingat selalu.

Setidaknya ada 5 buku yang diciptakan Mandela. Here they are:

ImageBiografi Mandela yang memuat cerita tentang kehidupannya di tahun 1918, karirnya sebagai pengacara dan pemimpin kongres, lalu cerita hidupnya selama 27 tahun di penjara, sampai inagurasinya menjadi presiden Afrika Selatan pertama yang terpilih secara demokratis di tahun 1994.

Banyak kutipan bagus dari Mandela di dalam buku ini yang menginspirasi pembacanya, salah satunya:

“There were many dark moments when my faith in humanity was sorely tested, but I would not and could not give myself up to despair.”

Image

Conversations with Myself berisi kumpulan arsip pribadinya Mandela, mulai dari surat-suratnya, catatan-catatan, percakapan yang direkam, dan diari-diarinya selama di penjara.

ImageMandela selalu memikirkan kaumnya, negaranya, bangsanya, karena itulah dirinya membuat Favorite African Folktales yang merupakan kumpulan cerita-cerita rakyat asli dari Afrika. Cerita-cerita dalam buku ini datang dari negaranegara Afrika seperti Maroko, Nigeria, Kenya, dan Swaziland.

Kenapa Mandela membuat buku ini?

“It is my wish that the voice of the storyteller will never die in Africa.”

Image

Di buku inilah kita bisa membaca pidato-pidato penting yang pernah disampaikan Mandela selama hidupnya, dalam berbagai topik. Beberapa pidato dianggap sebagai pidato terpenting dalam sejarah Afrika Selatan.

ImageMandela pernah menulis:

“Education is the most powerful weapon which you can use to change the world.”

Dan dia benar. Buku ini bisa dipakai oleh sekolah untuk menceritakan Mandela dan apa yang dilakukannya untuk menjadikan dunia tempat lebih baik untuk ditinggali. Harapannya, anak-anak terinspirasi oleh sosok Mandela. Buku ini dibuat untuk anak-anak usia 8 tahun keatas.

It’s time to hunt for his books and be inspired to change the world.