Hari Anti Korupsi Internasional!

Selamat Hari Anti Korupsi Internasional!

Seharian ini, banyak media menyerukan Anti Korupsi (walau beritanya tidak terlalu besar), ditambah beberapa demonstrasi di beberapa daerah yang juga menyerukan Anti Korupsi di Indonesia. 

Korupsi di Indonesia memang parah, sepertinya kita semua (warga Indonesia) mengangguk malu. Tapi sebenarnya, korupsi bukan hanya masalah negara kita (bukan berarti kita bisa menghela napas juga sih), tapi masalah bagi banyak negara di dunia. 

Setiap tahun, badan Transparency International mengeluarkan indeks persepsi korupsi yang berisi daftar 177 negara beserta nilainya masing-masing. Peringkat teratas adalah negara dengan korupsi terendah (berarti negara paling bersih) dan negara dengan peringkat terbawah (nilai terkecil) adalah negara dengan praktek korupsi terbanyak. 

Hasilnya?

Image

 

 

 

Gak jelas ya daftar nama-nama negaranya? Hmmm, liat gambar aja deh. Semakin terang warna (kuning) maka semakin bersih negaranya, sebaliknya, semakin gelap warna (merah) maka semakin korup lah negaranya (sedikit menghela napas karena warna Indonesia bukan merah marun yang gelap).

Untuk peringkat negara-negara di Asia Pasifik, berikut hasilnya:

Image

Well, Indonesia ada di peringkat ke -114 di bawah Singapura, Brunei, Malaysia, Filipina, dan Thailand yang merupakan negara-negara tetangga kita. 

Tapi, bukan berarti kiamatkan? Ini berarti kerja keras. Kerja keras untuk kita semua menolak korupsi, supaya warna Indonesia menjadi lebih cerah secerah masa depannya dan peringkatnya sukses naik!

Well, mari bekerja keras!

Sumber: http://www.aljazeera.com/news/middleeast/2013/12/five-arab-states-top-most-corrupt-list-201312353328911685.html