Liburan Bebas Hambatan

Image

Traveling Solo.

Berniat liburan sendirian atau menginap di rumah teman atau saudara? Nah, ini dia yang perlu diperhatikan supaya liburan kamu nggak berantakan.

Image

Jaga Paspor
Kehilangan paspor bukan hal baru. Ada yang hilang karena tertinggal, ada juga yang dicuri bersama dompet atau tas. Simpan baik-baik paspor kamu di kantong bagian dalam jaket, dan jangan tinggalkan di tempat kamu menginap.

Utamakan Diri Kamu
Jangan sampai menempatkan diri kamu di urutan terakhir ketika menyusun jadwal liburan. Jadwalkanlah waktu untuk diri sendiri. This might sound simple, but essential!

Patuhi Peraturan Tuan Rumah
Ketika kamu menjadi tamu, komunikasi singkat dapat berubah keajaiban dalam menjaga hubungan. Jangan pernah lupa untuk memberitahu keberangkatan dan kedatangan kamu. Tiba pukul dua malam dan pemilik rumah punya anak kecil bukan hal bijaksana untuk dilakukan.

Tunjukkan Keahlian Kamu
Kalau kamu memang suka masak, liburan bukan saatnya untuk mencoba resep baru atau menguji kemampuan kamu. Banyak hal favorit dan standar lama untuk menyenangkan tuan rumah. Kalau harus mencoba sesuatu yang baru, cobalah resepnya beberapa minggu sebelum berkunjung.

Jangan Jadi Biang Pesta
Masa liburan yang diisi dengan memenuhi undangan dan kewajiban-kewajiban tertentu justru dapat mendatangkan kesulitan terhadap jadwal normal kamu. Sopanlah dalam menolak undangan jika kamu telah memiliki komitmen lain. Jangan meminta tuan rumah menjadwal ulang demi kepentingan kamu sendiri.

Family On The Road. 

Image

Liburan dengan keluarga memang seru, tapi kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya jauh-jauh hari, agar liburan tidak sia-sia dengan direpotkan hal-hal yang tak terduga.

Buat Perencanaan Rasional
Kamu mungkin tidak berkeberatan menjamu teman atau keluarga di hari Natal.Tapi, haruskah menggabungkan pertemuan keluarga dan teman? Sepertinya tidak. Hampir tidak mungkin mengakomodir jadwal semua pihak.

Siapkan Perlindungan Anak
Berlibur memang berarti bisa menikmati waktu sambil bersantai di pinggir laut dengan pasir putih yang lembut dan sinar matahari. But, still, safety is number one. Mulailah membeli asuransi perjalanan, untuk keadaan darurat karena keadaan darurat bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, termasuk saat liburan.

Bawa Kereta Dorong
Yang sebaiknya menjadi pertimbangan setiap orang tua yang memiliki bayi saat berlibur adalah kondisi sang bayi. Kadang, membawa kereta saat liburan menjadi keharusan untuk kenyamanan sang ornag tua, juga sang bayi.

Perhatikan Tingkah Anak Kamu
Anak-anak senang membuat orang tua mereka terkesan ketika mereka terjun ke dalam kolam renang. Seolah-olah mereka sednag berlari-lari kecil dan melompat gelombang besar. Pastikan Anda memuji keberanian mereka atau bertepuk tangan. Ingat pula untuk mengambil foto mereka. Mereka suka menjadi pusat perhatian.

Jangan Takut Kotor
Meski orang tua senang menghabiskan waktu berjam-jam berjemur di pantai rasa bosan pada anak-anak cepat timbul. Selama di pantai, ajak mereka bermain dan membangun istana pasir.

Segera Buka Kado
Natal tak lengkap tanpa kado. Jangan tunda membuka kado hanya karena bungkusnya terlalu cantik untuk disobek. Hal ini berlaku sama ketika berhadapan dengan meja yang ditata cantik, jangan biarkan makanan penutup menganggur terlalu lama di meja.

Penulis : Jun W.
Sumber: majalah iMagz.