Google Doodle: Simone de Beauvoir

Imageoo

INILAH.COM, Jakarta – Google menghadirkan sosok seorang perempuan pada halaman muka mesin pencarinya. Apa maksudnya?

Hari ini, Kamis, 9 Januari 2014, Google turut merayakan HUT ke-106 Simone de Beauvoir. Oleh karena itulah raksasa internet asal AS itu menampilkan Google Doodle dengan gambar wajah perempuan asal Perancis tersebut.

Mungkin sebagian dari Anda merasa asing dengan nama Simone de Beauvoir. Ia adalah seorang tokoh feminisme modern dan ahli filsafat yang terkenal pada awal abad ke-20 dan juga merupakan pengarang novel, esai, dan drama dalam bidang politik dan hal ilmu sosial.

Lahir di Paris, Perancis, 9 Januari 1908, de Beauvoir dikenal karena karyanya dalam politik, filsafat, eksistensialisme, dan feminisme, terutama bukuLe Deuxieme Sexe yang diterbitkan pada 1949.

Beauvoir memperoleh gelar sarjana dalam bidang filsafat dari Universitas Sorbonne, yang ia lulus pada 1929. Kemudian ia mengajar di menengah di Marseille dan Rouen mulai 1931 hingga 1937, dan di Paris pada 1938-1943.

Setelah Perang Dunia ia muncul sebagai pejuang pergerakan eksistensialisme, bersama filusuf yang juga sastrawan ternama Jean-Paul Sartre dengan karya Les Temp Modernes.

Simone de Beauvoir meninggal pada 14 April 1986 setelah menderita pneumonia. Ia dikebumikan di sebelah makam Sartre di Cimitiere du Montparnasse, di Paris.

Setelah kematiannya, karyanya meninggalkan pengaruh kuat khususnya dalam pergerakan feminisme.

Sumber: http://teknologi.inilah.com/read/detail/2063043/ultah-simone-de-beauvoir-ke-106-di-google-doodle#.Us4aznkUWFI