Rabuku – Rekomendasi Buku: Memoar Ang Yan Goan

Image

Nama yang sedikit asing bagi kita di jaman sekarang namun mempunyai karya dan peninggalan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Tionghoa Indonesia  juga masyarakat Indonesia secara luas. 

Memoar ini ditulis Yan Goan ketika ia berada di Kanada, tempat terakhir ia menghembuskan napasnya setelah memutuskan untuk keluar dari Indonesia karena situasi politik Indonesia yang tidak kondusif, berdasarkan ingatannya saja. 

Ang Yan Goan (1894-1984) adalah seorang pemuka Tionghoa Indonesia yang sepanjang hayatnya bekerja untuk kesejahteraan masyarakat, terutama memajukan kebudayaan, pendidikan, pengobatan dan pemeliharaan kesehatan masyarakat.

Di memoar yang berjudul Hong Yuan Yuan Zi Zhuan (Memoar Ang Yan Goan, dalam bahasa China) ini, ia menuliskan dengan terinci peristiwa yang mengharukan dalam pengabdiannya untuk masyarakat Tionghoa Indonesia. Apa yang dia tulis akan menjadi kesaksian sejarah yang sangat berharga untuk kita dalam penelitian sejarah Tionghoa Indonesia pada abad ke-20. 

Sebagai seorang etnis Tionghoa, Ang Yan Goan telah berjasa besar dengan karyanya dalam mempererat hubungan antara Indonesia dengan Tiongkok, juga telah meningkatkan persahabatan dan saling pengertian antara warga Tionghoa dengan rakyat Indonesia pada umumnya. Ketika ada kesempatan memilih kewarganegaraan dalam rangka penyelesaian soal Dwi Kewarganegaraan, Ang Yan Goan memilih menjadi Warga Negara Indonesia. 

Hong Yuan Yuan Zi Zhuan (Memoar Ang Yan Goan) naskah aslinya ditulis dalam bahasa Inggris dan diterjemahkan ke dalam bahasa China oleh Prof Liang Ying Ming, seorang guru besar peneliti masalah Tionghoa perantauan.