RaBuku – Rekomendasi Buku : The Fault in Our Stars

  • TIME Magazine’s #1 Fiction Book of 2012!

Image

Trailer dari novel dengan judul yang sama baru saja dirilis dan mendapat sambutan yang sangat baik, padahal filmnya baru akan tayang sekitar bulan Juni tahun ini.

Nah, ini poster resmi dari filmnya:

ImageKarena masih sekitar 4 bulan lagi sebelum kita bisa melihat akting Shailene Woodley sebagai Hazel Grace dan Ansel Elgort sebagai Augustus Waters, kita masih bisa membaca novelnya terlebih dahulu untuk tahu secara detil cerita dari The Fault of Our Stars. Mumpung juga masih bulan Februari, yang (orang bilang) bulan cinta.

Hazel Grace adalah remaja putri berusia 16 tahun yang meskipun divonis menderita kanker tiroid stadium 4, ia sudah mengerti dan siap untuk “pergi” kapanpun. Ketika mengheadiri satu perkumpulan sesama penderita kanker, dirinya bertemu dengan Augustus Waters, seorang remaja laki-laki ganteng berusia 17 tahun yang baru sedang menjalani pemulihan osteosarcoma. Since they met, things are not the same anymore. 

Meski sama-sama mengalami masa yang berat, Augustus mempunyai attitude yang sangat positif dan ini membuat Hazel jatuh cinta. Bahkan, Augustus meyakinkan Hazel kalau mereka bisa pergi ke Amsterdam untuk menemui penulis kesukaannya, Peter van Houten.

Dari sedikit cerita di atas, sepertinya novel ini akan membuat pembacanya meneteskan air mata. Mungkin tidak tersedu-sedan, tapi minimal berkaca-kaca. Tanpa bermaksud menguras emosi, John Green berhasil membuat pembaca begitu percaya dengan karakter-karakter yang ada di The Fault of Our Stars.

Novel ini bercerita bagaimana mereka menguatkan satu sama lain,  berdiskusi tentang hidup, saling memuji dan, tentu saja, bercerita hal-hal yang lucu. Nah, di sinilah pembaca akan merasakan kehangatan dalam hatinya ketika menyusuri kisah Hazel dan Augustus.

Banyak sekali kutipan-kutipan yang menginspirasi yang bisa diambil dari novel The Fault of Our Stars ini. Beberapa (yang saya sukai), saya tulis di bawah ini ya:

“You don’t get to choose if you get hurt in this world…but you do have some say in who hurts you. I like my choices.”

“The marks humans leave are too often scars.”

“Oh, I wouldn’t mind, Hazel Grace. It would be a privilege to have my heart broken by you.”

“The world is not a wish-granting factory.”

“Grief does not change you, Hazel. It reveals you.”

“Books so special and rare and yours that advertising your affection feels like a betrayal.”

“Some tourists think Amsterdam is a city of sin, but in truth it is a city of freedom. And in freedom, most people find sin.”

“You are so busy being YOU that you have no idea how utterly unprecedented you are.”

“I’m a grenade and at some point I’m going to blow up and I would like to minimize the casualties, okay?”

Banyak ya? Well, That’s a sign of a good book, isn’t it?

Penulis: Farid Ardian (@FaridArdian)

avatar 2