Hikmah Ramadan: Permainan dalam Hidup

Cover-shallow-1024x626

Apakah Kita Suka bermain ‘Game’?

Game apa Yang Kita sukai? Fighting? RPG? Sport? Tactic? atau Solitaire?

Banyak orang terutama remaja dan anak-anak yang suka memainkan “GAME

Dan kalo orang yang bener-bener gamers, yang sudah benar-benar menikmati game, mereka serius ingin menyelesaikan game itu. Berusaha naik level, lakukan misi-misi rahasia, memperkaya duit ataupun memperbanyak ‘equipment’ yang ada di game. Kalo kalah dari game tersebut mereka sedikit kecewa, tapi karena masih penasaran, mereka memainkannya lagi dengan menggunakan cara dan strategi baru agar menang dalam game ini.

Ada juga orang yang hanya bermain-main dalam main game, just for fun, dan tidak serius menikmatinya. Pengennya cepet selesai. Dan karena pengen gamenya berjalan lebih mudah, mereka biasanya mencari cheat atau kode curang agar game bisa dimainkan dengan lebih mudah. Tapi karena instan, kadang-kadang lebih cepat bosan daripada yang benar-benar menikmatinya. Terlebih kalo gak menggunakan cheat, mereka jadi tambah males untuk bermain.

Tapi tahu gak?

Ada games yang benar-benar harus kita mainkan dan nikmati setiap harinya, agar kehidupan kita bisa lebih hidup dan selalu dihidupkan Oleh Yang Maha Menghidupkan.

Apa ya gamesnya?

PEKERJAAN YANG KITA LAKUKAN SEHARI-HARI

Jika kita menikmati apa yang sedang kita kerjakan, otomatis kita ingin juga membuat pekerjaan itu berhasil, lebih maksimal dan sempurna. Menambah materi juga, agar bisa lebih menikmati ganjaran dari pekerjaan tersebut. Jika mereka gagal, mereka berusaha bangkit lagi dari kegagalan dan mencari jalan lain menuju keberhasilan.

Terus apa kabar dengan mereka yang hanya bermain-main dalam pekerjaannya? Mereka pasti ingin hasil cepat namun tidak mengikuti proses dengan benar. Mereka malas bekerja jika pekerjaannya semakin banyak masalah. Kadang malah mereka berbuat curang agar dapat hasil yang baik, tapi sesungguhnya mereka tidak bahagia.

Iya, hidup adalah permainan. Namun bukan berarti kita bebas untuk terus bermain-main. Pekerjaan apapun jika kita benar-benar dinikmati dan dijalani, Insya Allah Kita jadi orang yang benar2 berhasil dan bahagia.

Nah Sekarang mari kita Kita Nikmati “game” yang kita mainkan sekarang di kehidupan sebenarnya.

Karena jika kita sudah benar-benar menikmatinya, hasilnya adalah:

SUNGGUH-SUNGGUH
Pasti kita sungguh-sungguh dalam bekerja. Karena sudah benar-benar menikmatinya

LEVEL UP
Kualitas pekerjaan yang kita nikmati akan terus meningkat, semakin nikmat, semakin cepat naik levelnya

SECRET MISSION
Kita akan melakukan hal-hal yang baru dan lebih dalam pekerjaan dan punya resep rahasia sendiri untuk berhasil.

MATERI
Kekayaan akan terus ditambah seiring waktu bekerja, baik kaya uang, Benda, Ilmu, bahkan kaya akan kebahagiaan

GAME OVER = RESTART
Kalo gagal, tetap bangkit dan memulai lagi karena masih penasaran dalam pekerjaan kita dan melakukan cara baru agar berhasil karena pengalaman setelah ‘game over’

HIGH LEVEL
semakin kita ke tingkat yang lebih tinggi, semakin besar pula masalahnya. Tapi karena sudah menikmatinya, kita anggap ini sebagai sebuah tantangan.

BOSS FIGTHING
maksudnya bukan melawan bos kita, tapi kadang kita akan dihadapkan dengan sebuah masalah yang besar. Karena kita anggap masalah sebagai tantangan, maka jika kita bisa menyelesaikannya Insya Allah kita akan menuju tahap yang lebih tinggi

Jika kita sudah menikmatinya, mudah-mudahan kita menjadi orang yang sukses. Tidak penting seberapa banyak kita gagal, yang penting seberapa banyak kita bangkit setelah kita gagal.

Apakah kita sudah menikmati ‘games’ dalam kehidupan ini? Atau hanya bersenang-senang? Mudah-mudahan ilmu ini bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.