Review eBook: Tawakal (Kauny Quantum)

kover-Tawakkal

Apa yang dimaksud dengan tawakal? Secara harfiah dari bahasa Arab, tawakal berarti berserah diri. Dalam agama Islam, tawakal memiliki makna berserah diri sepenuhnya kepada Allah SWT dalam menghadapi dan menerima cobaan.

Seperti yang disampaikan di dalam buku ini, tawakal adalah sebuah sifat mulia yang memiliki kedudukan mulia serta dampak yang sangat besar., bahkan ini termasuk sifat penting yang memiliki kedudukan tertinggi yang menjadi kewajiban dalam beriman kepada Allah SWT. (hal. 3)

Kedudukan tawakal berada sebelum kedudukan inaabah, yang berarti kembali ke pada Allah SWT. Kenapa? Karena umat yang tawakal mengembalikan semua hal kepada Allah SWT.

وَعَلَى اللَّهِ فَتَوَكَّلُوا إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ                                                                                                                                                                                       “Dan hanya kepada Allah hendaknya kamu bertawakkal, jika kamu benar-benar orang yang beriman” (QS Al-Maidah (5:23)

Sebenarnya, agak bingung juga membedakan perbedaan yang begitu tipis antara tawakal dan pasrah. Bagi awam yang tidak terlalu mengerti, tentu sulit membedakan keduanya. Untuk itulah hadir buku ini. Tawakal atau Al-Tawakkal yang ditulis oleh Syaikh Muhammad Shalih Al-Munajjid. Disampaikan dengan perpaduan antara hadits dan dalil-dalil shahih, ebook ini menjadi rekomendasi yang sangat bagus untuk kamu yang memang mau kembali belajar mengenai amalan-amalan hati.

Amalan hati?

Iya, ebook Tawakal ini merupakan seri “Amalan-amalan Hati” yang dikeluarkan oleh Kauny Quantum. Kamu sangat boleh untuk menengok seri dari “Amalan Hati” lainnya yaitu tentang Ikhlas. Adalah sebuah seri buku yang bagus, terlebih buku-buku yang diterbitkan oleh Kauny Quantum ePustaka adalah buku-buku bertema Islami. Dengan sumber dan materi yang dapat dipercaya, juga dalil dan hadits serta ayat-ayat terkait yang semakin membantu kita belajar mengenai berbagai ilmu agama.

Moco sangat merekomendasikan kamu untuk bergabung ke Kauny Quantum ePustaka karena pastinya akan banyak sekali ebook-ebook menarik yang bisa kamu dapatkan. Bacalah, karena selain menambah ilmu juga bisa memberikan pencerahan bagi iman kita. Ini serius, lho 🙂

(RR)