#SelasaBahasa: Kata Kerja

European-Translation-Services1

Kayak yang kamu baca di judul, #SelasaBahasa minggu ini akan ngomongin soal Kata Kerja dalam bahasa Indonesia. Secara pengertian, kata kerja atau verba adalah kata yang menggambarkan proses, perbuatan atau keadaan. Ini #Moco ambil dari beberapa sumber yang terpercaya dan tajam :))

Nah, kata kerja ini dibagi lagi pengelompokannya, temen #Moco. Menjadi dua, yaitu kata kerja menurut perilaku semantis dan kata kerja menurut perilaku sintaktis. Itu apa, ya?

Kata Kerja Menurut Perilaku Semantis adalah pengelompokan verba menurut perilaku semantis adalah menurut makna inheren (makna yang melekat) yang terdapat di dalamnya. Ada empat unsur pendukung dalam kata kerja jenis ini. Keempatnya adalah:

  • Perbuatan. Ini menjawab pertanyaan apa yang dilakukan oleh subjek.
  • Proses. Ini menjawab pertanyaan apa yang terjadi pada subjek.
  • Keadaan. Ini menyatakan bahwa acuan verba berada dalam situasi tertentu.
  • Pengalaman. Ini mengacu pada peristiwa yang terjadi pada subjek dengan tidak mengalami kesengajaan dan atau kehendaknya.

Sementara kata kerja menurut Perilaku Sintaktis adalah pengelompokan verba yang ditentukan dari adanya nomina sebagai objek dari kalimat aktif serta kemungkinan objek tersebut berfungsi sebagai subjek dalam kalimat pasif (verba transitif dan taktransitif). Apa itu verba transitif dan verba taktransitif? Nih:

  • Verba Transitif adalah verba yang memerlukan nomina sebagai objek dalam kalimat aktif, dan objek tersebut juga berfungsi sebagai subjek dalam kalimat pasif. Verba transitif sendiri dibagi lagi menjadi 3 macam nih, temen #Moco.
  1. Verba ekatransitif: diikuti satu objek.
  2. Verba dwitransitif: diikuti dua nomina, satu sebagai objek dan satunya sebagai pelengkap.
  3. Verba semitransitif: objeknya boleh ada dan boleh tidak (manasuka/opsional).
  • Verba Taktransitif adalah verba yang tidak memiliki nomina di belakangnya yang dapat berfungsi sebagai subjek dalam kalimat pasif. Ada empat macam verba taktransitif nih. Berikut adalah keempatnya:
  1. Verba taktransitif tak berpelengkap.
  2. Verba taktransitif berpelengkap wajib.
  3. Verba taktransitif berpelengkap manasuka.
  4. Verba taktransitif berpreposisi.

Nah, kalo menurut bentuk, pengelompokan verba dibagi lagi menjadi verba asal dan verba turunan. Mau tau pengertiannya?

  • Verba asal adalah verba yang tidak mengalami perubahan baik dari bentuk dan juga tata bahasa.
  • Verba turunan adalah verba yang telah mengalami proses morfologi ataupun gramatikalisasi, afiksasi, reduplikasi, dan komposisi. Macam verba turunan adalah:
  1. Verba turunan dasar bebas afiks wajib.
  2. Verba turunan dasar bebas afiks manasuka.
  3. Verba turunan dasar terikat afiks wajib.
  4. Verba turunan berulang.
  5. Verba turunan majemuk.

Sementara proses penurunan verba bisa melalui empat macam cara. Apa aja, ya?

  1. Transposisi: penurunan verba dari kelas kata lain.
  2. Pengafiksan: penurunan verba dengan penambahan afiks pada dasar.
  3. Reduplikasi: penurunan verba dengan pengulangan kata.
  4. Pemajemukan: penurunan verba dengan penggabungan atau pemaduan dua dasar atau lebih.

Dari itu semua, nantinya verba kembali terbagi lagi, temen #Moco. Jadi ada banyak banget turunan dari kata kerja ini. Dan bakalan #Moco bahas juga tulis di kesempatan selanjutnya. Sekarang #Moco mau nanya nih, kamu bisa gak membuat kalimat dengan menggunakan kata kerja? Cukup tuliskan di kolom komentar, ya! Ada voucher #Moco yang udah nungguin kamu nih 🙂 (RR)