#SelasaBahasa: Apa itu Idiom?

idiom

Kali ini kita ngomongin sebuah istilah yang artinya beda tipis sama Peribahasa nih. Namanya juga beda, pasti ada pengertian tersendiri mengenai apa itu “idiom”.

Kalo menurut wiki nih, idiom adalah ekspresi, kata, atau frasa dengan makna kiasan yang dipahami dalam kaitannya dengan penggunaan umum bahwa ekspresi yang terpisah dari arti harfiah atau definisi dari kata-kata yang dibuat. Sementara menurut beberapa sumber lainnya, idiom adalah  adalah suatu gabungan kata, yang merupakan penggalan kalimat yang memiliki arti tersendiri. atau kelompok kata yang menyatakan makna kiasan. Ada juga beberapa pengertian lainnya. Namun menurut #Moco, ini yang paling menjelaskan sih. Tapi kalo temen #Moco punya referensi pengertian idiom lainnya, boleh lah kamu share.

Idiom nih dibagi lagi menjadi dua, yaitu idiom penuh dan idiom sebagian.

Idiom penuh adalah idiom atau ungkapan yang seluruh unsure pembentuknya tidak dapat dikembalikan kepada makna denotasinya/sebenarnya.

Idiom sebagian adalah idiom atau ungkapan yang sebagian unsur pembentuknya masih dapat dikembalikan kepada makna denotasinya.

Contoh ada idiom ini ada banyak banget, temen #Moco. Ada adu domba, kambing hitam, tukar guling, banting tulang dan sebagainya. Perbedaan yang paling mendasar antara idiom dengan peribahasa tuh, kalo peribahasa adalah rangkaian kata yang memiliki pengandaian dengan pesan moral, sindiran juga perbandingan dan perumpamaan. Sementar idiom adalah semacam istilah dengan hanya maksimal 2-3 kata saja.

Jadi bagaimana, sudah mulai mengerti tentang idiom? (RR)