Spesial Kemerdekaan: Lomba Khas 17an

Lomba 17an

Di artikel kali ini, #Moco mau mengajak kamu kilas balik sedikit ke masa kecil kita dulu nih. Masa dimana masih rutin digelar berbagai perlombaan seru dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Dibawah ini adalah beberapa perlombaan yang rutin dan umum digelar di 17an setiap tahunnya. Yang jarang dan gak rutin seperti mengejar mantan atau lari dari masa lalu sih gak akan #Moco masukkin :))

Apa aja ya lomba-lombanya? Ini nih:

10. Lomba Baikak

Temen #Moco tau dengan lomba yang satu ini? Perlombaan dua tim yang memakai bakiak, yaitu sebuah benda berbentuk sendal panjang dengan bahan baku kayu/balok dan potongan ban bekas. Biasanya satu tim terdiri dari tiga orang yang harus menyamakan langkah agar bisa berjalan dengan baik dan memenangi perlombaan. Lomba ini mengajarkan kita untuk tidak egois dan mau bekerjasama. Karena kemerdekaan diraih bukan karena usaha seseorang tapi karena kerjasama semua pihak.

9. Lomba Memasukkan Paku ke dalam Botol

Dalam perlombaan ini, seutas tali yang sudah diikatkan paku akan dipasang di pinggang kita. Golnya adalah memasukkan paku tersebut ke dalam botol yang sudah disediakan. Keliatannya mudah, ya? Padahal sih susah, temen #Moco. Karena selain dibutuhkan konsentrasi dan presisi, lomba ini juga membutuhkan kuda-kuda yang kuat.

8. Lomba Kelereng

Ini lomba klasik, sih. Kamu diminta untuk membawa kelereng yang ditaruh di sendok dan berjalan sampai menuju finish. Yang susah? Tentu koordinasi dan konsentrasi agar si gundu tidak terjatuh. Dahulu sih, permainan ini masih menjunjung asas kejujuran dan sportivitas, namun semenjak orang-orang mengerti kalo kelereng bisa stand still kalo dikasih pasir di bawahnya, permainan menjadi tidak seru lagi.

7. Lomba Tarik Tambang

Demi mencapai kemerdekaan, para pejuang dan pahlawan dulu begitu kuat, keras dan gigih dalam meraihnya. Hal ini bisa kita temukan dalam tarik tambang. Kita harus kerja sama dan bersatu dengan rekan satu tim untuk mencapai tujuan. Hati-hati tangan menjadi luka. Namun, meraih kemenangan tentu membutuhkan pengorbanan, bukan?

6. Lomba Panjat Pinang

Meski mendebarkan dan agak berbahaya, lomba yang satu ini sering kita temukan di setiap perayaan 17an, terutama dulu, tahun 90an. Dan temen #Moco tau gak kalo lomba ini sudah lama lho, tepatnya sejak jaman penjajahan Belanda. Pada saat itu, Belanda menaruh keju, sembako dan pakaian sebagai hadiah. Perlombaan ini mengajarkan kita tentang pentingnya semangat kebersamaan dan kerjasama untuk mencapai tujuan. Jeleknya adalah, adakalanya harus menginjak kepala orang yang ada dibawah untuk bisa mencapai atas.

5. Lomba Makan Kerupuk

Ini lomba seperti lagunya Sammy Simorangkir. Tak lekang oleh waktu. Soalnya, selalu ada dan abadi. Karena mungkin faktor murah dan pengadaannya yang tidak begitu repot. Cukup seutas tali, bambu sebagai pegangan dan stok kerupuk. Cukup dengan menggunakan mulut yang aktif dalam menikmati kerupuk, kita berkesempatan untuk memenangkan lomba. Lomba ini mengajarkan kita untuk prihatin dengan keadaan rakyat Indonesia pada masa penjajahan dahulu kala. Dimana mereka kesulitan sandang dan pangan. Jangankan makanan 4 sehat 5 sempurna, bahkan hasil panen saja diambil paksa oleh para penjajah.

Nah, itu dia beberapa lomba yang khas dan umum kita temukan saat lomba Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Mana yang jadi favorit kamu, temen #Moco? (RR)