Kompleks Bukan Komplek

“Bahasa Menunjukkan Bangsa”, setuju tidak? Tatkala seseorang berbicara, kita mungkin sudah dapat menebak dari mana mereka berasal. Tetapi, kita tak akan membahas dari mana orang tersebut berasal. Kali ini, kita akan mengorek lebih jauh perbedaan sebuah kata dalam bahasa.

KOMPLEKS BUKAN KOMPLEK

 

Banyak dari kita karena ketidaktahuan dalam keseharian memakai kata “komplek”, tanpa mencari tahu asal-usul kata itu dan menelisik lebih jauh seperti apa menurut aturan yang berlaku. Kita lebih melihat kepada maknanya, sedangkan ‘lainnya’ tidak digubris.

Dalam bahasa Inggris, ada  kata complex. Berdasar pada Pedoman Pembentukan Istilah, diindonesiakan menjadi kata ‘Kompleks’. Huruf ‘x’ yang letaknya di awal kata menjadi ‘ks’. Nah, kita temui dan dengarkan dalam pembicaraan sehari-hari termasuk dalam ragam tulisan, seharusnya ‘kompleks’, dibuat menjadi ‘komplek’, tanpa ada huruf ‘s’. Hal ini jauh dari aturan yang diberlakukan. Pertanyaannya, mengapa dapat terjadi hal seperti itu? Bisa jadi, ada sebagian orang yang membuat dan menuliskannya seperti itu karena ketidaktahuan.

Kemudian diikuti pula oleh orang-orang yang memang tidak mengerti dan tidak tahu asalnya bahwa itu tidak menuruti peraturan yang berlaku. Kenyataan menunjukkan bahwa lebih mudah mengatakan ‘komplek’ ketimbang ‘kompleks’.

Kita dapat melihat bentuk serupa lainnya, seperti:

Executive à eksekutif

Experiment à eksperimen

Express à ekspres

Latex à lateks

Taxi à taksi

Jadi, kita memang perlu Pemahaman Pedoman Pembentukan Istilah dalam bahasa kita sendiri. Mengingat itu sebagai pegangan untuk memperoleh bentukan yang benar dalam penggunaan, terutama dalam penulisan sehari-hari. (Red)

kompleks /kom·pleks / /kompléks/ n himpunan kesatuan; kelompok.

Kesatuan yang memiliki hubungan keterikatan dan saling tergantung. Kata ini dapat merujuk pada:

  • Gabungan beberapa bangunan dalam suatu wilayah
  • Kompleks (Ilmu Kimia), struktur yang terdiri dari atom pusat atau molekul yang berhubungan dengan ikatan koordinasi ke atom/molekul di sekitarnya, disebut ligan.
  • Bilangan kompleks, bilangan dalam bentuk a + ib, terdiri atas bilangan real & bilangan imajiner.

Referensi: Pedoman Pembentukan Istilah dalam Bahasa Indonesia

Kamus bahasa Belanda

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Bersambung…