Batik

1412222230324

Siapa orang Indonesia tidak kenal batik ? Tak perlu dijawab pun orang pasti akan menjawab tahu! Indonesia mempatenkan batik menjadi hak milik negeri ini dan sudah diakui oleh dunia. Bahkan UNESCO pun menetapkan batik sebagai warisan budaya Indonesia. Tapi tahukah kamu dari mana asal kata batik itu muncul ?

Batik berasal dari bahasa Jawa, yaitu amba yang berarti menulis dan titik, berupa titik-titik. Selanjutnya terjadi pengucapan kata, seperti ambatitik-ambatik-mbatik-batik. Semula batik dibuat secara konvensional melalui tulisan tangan. Dikenallah dengan nama Batik Tulis. Sebagai warisan budaya Indonesia yang diakui dunia, batik dapat dipakai dalam beragam kesempatan, baik formal maupun nonformal. Tidak hanya di kantor, batik pun sekarang merambah dunia fesyen kita. Banyak perancang ternama tanah air memadupadankan rancangannya dengan bahan dasar batik.

132293_620

Motif-motif batik dibuat dari cairan lilin memakai alat yang biasa disebut canting. Canting digunakan untuk membuat motif halus, sedangkan alat lain semisal kuas digunakan untuk motif ukuran besar sehingga cairan lilin masuk dan bertahan lama di dalam kain. Selanjutnya kain yang sudah ditulisi atau dilukis dengan lilin tersebut dicelup ke dalam warna sesuai keinginan. Ada beberapa kali proses pewarnaan mulai dari warna yang paling muda sampai ke warna yang mendekati gelap. Kain yang sudah di batik kemudian dicelup ke dalam bahan kimia untuk menanggalkan  lilin yang masih melekat.

Batik tidak boleh di cuci sembarangan karena akan mengakibatkan warna menjadi pudar. Batik yang bagus biasanya dicuci dengan menggunakan buah lerak yang bisa didapat di pasar tradisional. Sabun bubuk dalam botol juga dapat ditemukan di toko-toko batik. Hindari menjemur batik langsung di bawah sinar matahari. Akan tetapi jemur di tempat sejuk sambil di angin-anginkan.

Semoga salah satu warisan terbesar bangsa ini tidak hanya sebatas warisan. Tetapi tetap terus dipertahankan hingga generasi mendatang (Juno)