Biogafi Penulis Ralita & Tora – La Cheo Joe

Menulis, tak banyak yang memilih menjadi pilihan hidup. Sama halnya dengan La Cheo Joe. Menulis sebagai rangsangan untuk sel-sel otak agar terus berbiak. La Cheo Joe, banyak menulis buku, tetapi tidak untuk diterbitkan secara komersial. Buku-buku tersebut diperuntukkan untuk proyek Departemen Pendidikan Nasional dari beberapa penerbit. Lebih dari 100-an judul buku telah ditulisnya.

Lahir pada 9 Juni di “Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah”, sebagai anak keempat dari enam bersaudara. Cita-citanya berbelok seratus delapan puluh derajat dari yang diidam-idamkan menjadi Dokter Kandungan. Kuliah pun sebenarnya tak diinginkan oleh kedua orang tuanya karena sesuatu dan lain hal. Cerita berkata lain, diam-diam Sang Guru Bimbingan Karier (BK) SMA-nya memberikan berkas lembaran sebagai Mahasiswa Undangan ke Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada. La Cheo Joe sempat merenungi keputusan saat jari-jemarinya menjentikkan pulpen mengisi titik-titik bernama.

Membayangkan menapaki ruang kuliah pun tak terbersit. Fakultas yang diidamkan pun tak banyak. Di lembar Universitas Indonesia, jemarinya menari dan meletakkan keputusan pada Fakultas MIPA-Biologi. Sementara di UGM diputuskan untuk melepaskan ujung mata pena pada Fakultas Teknik Kimia. Universitas Indonesialah yang justru meminang dirinya untuk mengecap Ilmu Biologi dan merasakan gema Universitas bergengsi di Indonesia dan diidam-idamkan banyak orang tersebut pada 1994.

Sejak di bangku kuliah, La Cheo Joe  telah aktif menggeluti dunia penyuntingan. Belajar banyak dari salah satu staf pengajar Fakultas Sastra (Ilmu Budaya) Universitas Indonesia, Dr. Boen Sri Oemardjati (almh). Pertama kali dirinya menyunting mata pelajaran Biologi untuk jenjang SMP di salah satu penerbit mayor-Widya Utama-di Jakarta Timur. Tak berpuas diri untuk terus menggali dunia penerbitan, penyuntingan, dan  penulisan, La Cheo Joe bekerja pada salah satu penerbit besar di Indonesia, Bumi Aksara, sebagai Kepala Bagian Editorial. Dirinya pun melanglang ke negeri Jiran untuk mengetahui seluk-beluk dunia penerbitan di sana. Jenjang kariernya tak berhenti sampai di situ. Start up penerbitan, International Network Publishing dan TaliKata Publishing memercayainya untuk memegang lini penerbitan sebagai Editor in Chief.

Dunia media menjadi magnet tersendiri untuknya. Di tahun 2007, dirinya dipinang oleh beberapa majalah Lifestyle antara lain Audio Lifestyle, Modif, Classic+, Media Otonomi, D’Sari, Digital Business (Marketing Group), dan Tabloid Gen@ (Generasi Ayah) sebagai Redaktur Pelaksana. Banyak tulisan-tulisannya berkaitan seputar gaya hidup, kesehatan, perjalanan, dan lain-lainnya dipublikasi di media tersebut. Tulisan wisatanya (perjalanan) mengenai Yogyakarta  dimuat dalam Koran Harian Nasional, Harian Pelita berjudul: Menelusuri Jejak Sejarah Kota Gudeg: Yogyakarta.  Profil dirinya pernah dimuat di Koran Harian Nasional (Lion Air Group)  baik secara digital maupun cetak. Beberapa majalah in house perusahaan pun tak luput dari sentuhannya, seperti Taxi Express (Emagz), PT Intiland (imagz), Volvo, dan lainnya.

Perjalanan kariernya di beberapa perusahaan, mengantarkannya untuk berkeliling daerah di Indonesia. Mulai dari Sumatera, Jawa, Sulawesi, dan Kalimantan. La Cheo Joe sebagai penyuka olahraga selam, masak, icip-icip makanan, traveling, dan naik gunung ini, bercita-cita punya “tempat makan” sendiri dan ingin segera merampungkan salah satu bukunya yang sempat tertunda lama. Untuk mengenal lebih jauh dengannya, dapat dihubungi via email: moka.maya33@yahoo.co.id atau di nomor telepon 0822 1863 5518.