Pemberian Penghargaan Dan Bedah Buku LIPI Press

IMG_20141208_105018

Sejak berdirinya LIPI Press pada tahun 2012, lebih dari 9600 eksemplar buku dan jurnal terbitan LIPI Press telah didistribusikan ke lebih dari 30 kota di Indonesia yang meliputi 219 judul buku dan terbitan jurnal. Dalam 3 tahun terakhir ini, buku-buku terbitan terpilih sudah terdistribusi di beberapa negara kawasan Asia Tenggara seperti Malaysia dan Thailand melalui ajang promosi buku tingkat regional dan internasional. Namun dari total terbitan LIPI yang telah terdistribusi kepada masyarakat pengguna tersebut, baru 34% diantaranya berupa buku, sehingga perlu ada upaya meningkatkan minat penulis/peneliti untuk menulis buku.

IMG_20141208_115559

Salah satu upaya yang dilakukan LIPI untuk meningkatkan minat penulis/peneliti menulis buku adalah dengan memberikan penghargaan dan bedah buku. Manfaatnya selain mempromosikan buku baru dan berbagi pengetahuan terkait konten buku kepada masyarakat, tentunya juga akan memotivasi peneliti dan sivitas LIPI lainnya untukmenulis buku. Dengan demikian diharapkan terjadi peningkatan produktivitas Karya Tulis Ilmiah LIPI berupa buku. Adapun sasaran penghargaan dan bedah buku ini adalah terdiseminasikannya informasi dan pengetahuan  buku LIPI Press kepada  60 peserta kegiatan/pembaca sasaran , terwujudnya kegairahan menulis buku bagi sivitas peneliti dalam rangka  meningkatkan produktivitas tebitan buku Ilmiah LIPI, melalui pemberian penghargaan penulis buku sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dan diperolehnya umpan balik yang berharga  dari sisi penulis  dan penerbit dari yang berupa  saran ataupun kritik, serta perbaikan berkelanjutan  untuk  buku

Terdapat dua kategori penilaian buku untuk pemberian penghargaan buku ini. Kategori pertama, adalah penghargaan untuk buku-buku terbaik yang diterbitkan oleh LIPI Press. Kategori kedua, adalah penghargaan untuk buku LIPI Press dengan distribusi/penjualan buku terbaik.

 IMG_20141203_102323

Berdasarkan hasil penilaian berdasarkan kriteria, maka ditetapkan 4 (empat) penulis penerima penghargaan buku terbaik dengan empat peringkat nilai tertinggi. Buku-buku penerima penghargaan tersebut adalah sebagai berikut:

1. The Cham Diaspora in Southeast Asia. Social Integration and Transnational Networks. The Case of Cambodia

Editor: Yekti Maunati dan Betti Rosita Sari

2. Tata Kelola Sistem Inovasi Nasional di Indonesia

Editor: Prakoso Bhairawa Putera

3. Bahasa, Kebudayaan, & Pandangan tentang Kebahasaan Masyarakat Etnik (Lokal) Kafoa di Alor Nusa Tenggara Timur

Editor: Abdul Rahman Patji

4. The Mobility of Unskilled and Undocumented Migrants:Indonesian Workers in The Netherlands

Editor: Amin Mudzakir

Dan penerima penghargaan buku terlaris adalah :

Desentralisasi & Otonomi Daerah : Desentralisasi, Demokratisasi dan Akuntabilitas Pemerintahan Daerah

Editor : Syamsuddin Haris

 IMG_20141208_113540

Kegiatan pemberian pengharaan ini dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 8 Desember 2014 mulai pukul 12.00. Acara dilaksanakan di Ruang Auditorium Gedung A PDII LIPI Lt.2, Jln. Jend. Gatot Subroto, No.10, Jakarta 12710 dan di hadiri sekitar 100 orang tamu undangan.

IMG_20141208_112532

IMG_20141208_160207

Dalam kesempatan ini, ePustaka LIPI Press yang berada di dalam aplikasi MOCO juga resmi di launching. Kelima buku yang mendapatkan penghargaan dari LIPI Press ini dapat di baca di ePustaka LIPI Press. Termasuk buku-buku LIPI Press yang telah diterbitkan sebelumnya. Dengan demikian semakin banyak masyarakat yang dapat membaca karya-karya peneliti Indonesia yang telah diterbitkan oleh LIPI Press baik secara fisik maupun digital.