iJakarta Center Sebagai Pusat Informasi Dan Kajian Tentang Perpustakaan Digital

ijakcenter1

Kehadiran perpustakaan saat ini adalah suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Perpustakaan juga memiliki misi mulia sebagai salah satu fungsi pendidikan dalam rangka menumbuhkan minat baca masyarakat. Perpustakaan konvensional saat ini hadir bukan tanpa kendala. Jauhnya lokasi, keterbatasan ruang untuk penyimpanan koleksi buku hingga biaya pemeliharaan buku-buku adalah beberapa tantangan yang harus dihadapi oleh perpustakaan.

Badan Perpustakaan Dan Arsip Provinsi DKI Jakarta sebagai lembaga di lingkup Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang menaungi urusan perpustakaan, menangkap keterbatasan dari sebuah perpustakaan konvensional. Hingga akhirnya pada tahun 2015, diluncurkan aplikasi perpustakan digital iJakarta yang berbasis media sosial pertama di Indonesia yang dikembangkan bersama dengan PT.Woolu Aksara Maya.

ijakcenter3

Peresmian iJakarta Center

ijakcenter5

Kepala BPAD menyerahkan potongan tumpeng kepada CEO Aksaramaya

Seiring dengan semakin berkembangnya aplikasi perpustakaan digital iJakarta, maka pada tanggal 29 Desember 2016 dilakukan peresmian iJakarta Center yang merupakan pusat monitoring seluruh aktifitas dalam aplikasi iJakarta. iJakarta Center berlokasi di lantai 2 gedung Badan Perpustakaan Dan Arsip Daerah Provinsi DKI Jakarta, Pulo Mas, Jakarta Timur. Peresmian dilakukan langsung oleh Kepala BPAD Provinsi DKI Jakarta, Ibu Tinia Budiati dengan melakukan pengguntingan pita dan pemotongan tumpeng yang diserahkan langsung kepada Bapak Tony Bako selaku Kepala Bidang Pengembangan Dan Sistem Informasi dan Bapak Sulasmo selaku CEO Aksaramaya.

ijakcenter6

Aktifitas iJakarta Center

Dengan diresmikannya iJakarta Center, diharapkan dapat menjadi pusat informasi dan studi banding bagi pemerintah daerah ataupun institusi lainnya yang inginmengembangkan aplikasi perpustakaan digital maupun mengetahui data statistik tentang iJakarta.