Donasi eBook di iJakarta

 

photo813290931702835163

Banyak sekali email yang masuk ke iJakarta yang menanyakan beberapa koleksi buku yang jumlah copy nya selalu 0 (nol), tapi belum ada seorang member pun yang membaca buku tersebut. Mungkin banyak member iJakarta yang belum paham, bahwa koleksi buku yang jumlah copy nya selalu 0 (nol) itu dikarenakan buku tersebut memang belum memiliki copy yang tersedia untuk dibaca. Tapi ada sebuah solusi yang bisa kalian lakukan untuk membuat koleksi ebook tersebut tersedia dan siap untuk dibaca. Caranya adalah dengan melakukan donasi. Simak yuk caranya…

screenshot_20170116-135757

Untuk melakukan donasi, pastikan sobat iJak sudah mengunduh aplikasi iJakarta di  Android , iOS dan bisa juga melalui PC atau laptop yang aplikasinya bisa diunduh melalui website iJakarta . Setelah mengunduh aplikasi iJakarta, lakukan registrasi atau log in bila sudah menjadi member. Setelah proses log in, sobat iJak bisa masuk ke dalam fitur koleksi buku. Lalu pilih buku yang ingin di donasikan.

screenshot_20170116-135805

Setelah menemukan judul buku yang ingin didonasikan, sobat iJak bisa masuk ke dalam halaman detail buku dengan melakukan klik pada cover buku tersebut. Setelah masuk dalam halaman detail buku, kita bisa melihat tombol pinjam dan donasi. Klik donasi untuk memulai tahapan donasi buku tersebut.

screenshot_20170116-140102

Setelah tombol donasi di klik, maka akan tampil harga buku tersebut. Jangan lupa pilih jumlah copy buku yang ingin kita donasikan. Total donasi akan keluar secara otomatis mengikuti jumlah copy buku yang kita pilih. Setelah menentukan jumlah copy buku, kita bisa memilih ke ePustaka mana buku tersebut akan kita donasikan. Sobat iJak juga bisa mendonasikan buku ke ePustaka milik sendiri bila memang sudah memilikinya. Setelah memilih tujuan donasi, selajutnya klik tombol “Donasi Sekarang”.

screenshot_20170116-135923

Kemudian akan keluar pop up yang menyatakan kalau pemesanan buku telah sukses. Ada 2 opsi berikutnya yang bisa dipilih. Klik “Tambahkan Buku”, bila ingin melakukan donasi dengan judul yang berbeda. Dan klik “Lanjutkan” untuk masuk menu pembayaran.

screenshot_20170116-140003

Kemudian kita akan melihat nominal buku yang harus dibayarkan. Kita bisa melakukan editing kembali bila memang masih ingin menambahkan jumlah buku dengan klik sunting, atau kita bisa memilih hapus bila ternyata ada buku yang tidak jadi kita donasikan. Bila semua sudah sesuai dengan yang diinginkan, sobat iJak bisa klik tombol “Bayar Sekarang”.

screenshot_20170116-140018

Ada beberapa metode pembayaran yang bisa sobat iJak pilih. Yang pertama dengan menggunakan transfer bank dan yang kedua dengan menggunakan kartu kredit. Menggunakan transfer bank pun ada 2 pilihan, yang pertama transfer bank yang akan langsung mengaktifkan proses donasi, dan yang kedua adalah transfer bank biasa dengan proses manual.

screenshot_20170116-140025

Kalau sobat iJak memilih metode Transfer Bank (cek otomatis 1×10 menit), sobat iJak bisa memilih beberapa bank yang tersedia sesuai dengan rekening yang kalian miliki. Untuk metode ini, pembayaran hanya dapat dilakukan dari bank yang sama. Misalkan, sobat iJak memiliki rekening BCA, maka kalian hanya bisa transfer ke rekening BCA. Bila transfer sudah selesai dilakukan, maka buku yang didonasikan akan aktif dalam waktu 10 menit.

screenshot_20170116-140046

Bila sobat iJak memilih metode pembayaran dengan menggunakan kartu kredit, maka masukkan nomor kartu kredit, tanggal dan bulan kartu kredit tersebut expired yang tertera di kartu dan 3 nomor terakhir yang ada di belakang kartu. Kemudian klik “Process” . Sobat iJak bisa melakukan proses ini langsung dari dalam aplikasi iJakarta. Tapi bila transaksi dengan menggunakan kartu kredit dari dalam aplikasi gagal meskipun telah dicoba berkali-kali, sobat iJak bisa melakukan proses pembayarannya dengan menggunakan link yang dikirimkan ke email yang kalian gunakan saat registrasi iJakarta. Setelah pembayaran dinyatakan berhasil, buku yang didonasikan akan aktif secara otomatis beberapa menit kemudian.

screenshot_20170116-140113

screenshot_20170116-140130

Jika sobat iJak memiliki rekening bank di luar rekening yang tersedia dalam metode pembyaran, maka kalian bisa memilih metode pembayaran Transfer Bank (Cek manual 1×24 jam). Pilih salah satu rekening untuk transfer donasi yang akan kalian lakukan. Bagi sobat iJak yang memilih metode pembayaran ini, jangan lupa untuk melakukan screenshot nomor order dan bukti transfer pembayaran untuk dikirimkan via email ke support@aksaramaya.com . Customer Service iJakarta akan melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum mengaktifkan donasi buku yang sobat iJak lakukan. Dan setelah donasi buku tersebut aktif, Costumer Service iJakarta akan mengirimkan email pemberitahuan kalau donasi buku telah aktif.

Mudah bukan cara melakukan donasi buku di iJakarta ? Ayo kita donasi lebih banyak buku di iJakarta, donasi yang kalian lakukan akan sangat membantu member lainnya juga lho.