Membuat ePustaka Di iJakarta

c3opvobvmaenigg

Siapa yang suka makan mie instan ? Bagi sebagian orang, makan mie instan bisa jadi merupakan pilihan paling praktis untuk mengusir rasa lapar. Tidak heran kalau banyak orang memasukkan mie instan dalam list belanja bulanan mereka. Ngomong-ngomong soal praktis, ada hal yang lebih praktis daripada memasak mie instan. Yaitu membuat perpustakaan di iJakarta. Ngga percaya ? Cobain yuk..

 

Screenshot_20170206-084813.jpg

Untuk bisa membuat ePustaka di iJakarta, pastikan kalau sobat iJak sudah mendownload aplikasi iJakarta melalui Google Playstore , iOS dan untuk PC atau laptop bisa download melalui website iJakarta . Jangan lupa register dan log in setelah download aplikasi. Tidak ada syarat tertentu untuk membuat ePustaka. Semua member bisa membuat ePustaka dengan catatan, akun yang digunakan belum pernah membuat ePustaka sebelumnya. Kemudian masuk ke halaman “Koleksi Buku” , lalu lihat di sudut kanan atas, klik ikon di sebelah ikon search.

screenshot_20170206-084819

Kemudian sobat iJak akan masuk ke halaman berikutnya yang berisi beberapa box. Bila member iJakarta belum pernah membuat ePustaka sebelumnya, maka akan terlihat 3 box, yaitu Donasi Buku, Buat ePustaka dan Riwayat Bayar. Tapi bila member iJakarta sudah pernah membuat ePustaka sebelumnya, maka yang terlihat hanya ada 2 box yaitu Donasi Buku dan Riwayat Bayar. Untuk meneruskan membuat ePustaka, maka klik Buat ePustaka.

screenshot_20170206-084832

Setelah box Buat ePustaka di klik, maka akan masuk ke halaman untuk setting profil ePustaka. Isi kolom Nama Pustaka dan deskripsi singkat tentang ePustaka. ePustaka juga bisa di setting, apakah ingin private atau bisa diakses oleh semua member iJakarta.

screenshot_20170206-084934

Setelah semua data diisi, maka langkah selanjutnya adalah klik Simpan. Kemudian akan keluar pop up yang menyatakan bahwa data yang kita masukkan telah berhasil disimpan.

screenshot_20170206-084938

Setelah dinyatakan berhasil, ePustaka kita statusnya telah terbuat tetapi belum aktif. Kalau diumpamakan, gedung perpustakaan telah selesai dibangun tapi belum berfungsi sebagai perpustakaan karena belum ada buku di dalamnya untuk dipinjam. Untuk mengaktifkan ePustaka yang dibuat, lakukan donasi buku ke dalamnya. Kita bisa melakukan donasi mulai dari 1 buku dengan harga paling murah sekalipun untuk bisa mengaktifkan ePustaka yang kita miliki. Cara melakukan donasi, sudah diulas sebelumnya di blog Readingsocially .

screenshot_20170206-155101

Setelah melakukan donasi ke dalam ePustaka, maka ePustaka yang sobat iJak miliki bisa dilihat oleh semua member iJakarta ketika membuka fitur ePustaka, dengan catatan ePustaka tersebut tidak disetting private. Dengan demikian, semua member bisa join ke dalam ePustaka sobat iJak dan meminjam buku yang berada di dalamnya.

Mudah sekali kan cara membuat ePustaka di iJakarta. Yuk langsung cobain bikin ePustaka milik sendiri di iJakarta 🙂