Cari Tahu Apakah Atasanmu Berjiwa Boss Atau Berjiwa Pemimpin

boss-vs-leader-800x800

Sobat iJak, tentunya pernah dong punya sebuah kesan terhadap atasan di kantor. Kesan itu bisa jadi sebuah kesan yang baik karena atasan yang begitu sabar dan mengayomi, tapi tidak sedikit pula yang mungkin pernah mengalami punya atasan yang cerewet, pilih kasih dan tidak jarang menumpahkan kesalahan pada pekerjaan yang sobat iJak lakukan. Nah, kali ini kita akan sedikit mengulas tipikal karakter seorang atasan. Apakah mereka berjiwa pemimpin atau berjiwa boss. Cari tahu yuk seperti apa karakter atasanmu !

1. Kita Vs Saya

Seorang pemimpin akan menyebutkan “kerja keras kita” ketika menyikapi sebuah kesuksesan dan akan menyebut “kerja saya” ketika menyikapi sebuah kegagalan.

2. Sendiri vs Bersama

Seorang pemimpin akan turun langsung dengan team nya untuk bekerja sama, sedangkan boss lebih cenderung kerja sendiri di balik ruang kerjanya.

3. Perintah Vs Meminta

Seorang pemimpin akan meminta tolong kepada team nya untuk bekerja dengan keras untuk kepentingan bersama, sedangkan boss lebih cenderung hanya memberi perintah saja.

4. Paksaan Vs Tantangan

Karakter seorang pemimpin akan mampu memberikan tantangan kepada team nya untuk bekerja lebih kreatif untuk mencapai target, sedangkan karakter boss lebih cenderung memaksa team untuk mencapai target.

5. Intimidasi Vs Kepercayaan

Seorang pemimpin akan memberikan kepercayaan penuh pada team nya untuk bekerja sesuai job description yang berlaku. Sedangkan karakter boss justru akan mengintimidasi bawahannya supaya bekerja mengikuti arahannya.

6. Memberi Solusi Vs Memberi Sanksi

Seorang pemimpin akan duduk bersama dan memberikan solusi kepada team nya bila rencana-rencana yang mereka jalankan tidak berjalan dengan baik, sedangkan karakter boss akan cenderung memberikan sanksi bila rencana yang dijalankan tidak berjalan dengan baik.

Bagaimana, apakah sobat iJak sudah bisa menilai karakter atasan kalian dikantor ? Mungkin ada tambahan lain yang belum termuat dalam artikel kali ini ? Ayo tambahkan kriteria berikutnya di kolom komentar.