#JakarteKite Betawi Pesisir

adat-dan-budaya-betawi

Halo sobat iJak, mulai hari ini Bang Jek akan berbagi cerita seputar Jakarta dalam #JakarteKite. Nah kali ini, Bang Jek akan mulai bercerita mengenai masyarakat Betawi. Suku Betawi merupakan penduduk asli wilayah Jakarta. Adat budaya masyarakat Betawi merupakan percampuran dari berbagai etnik, diantaranya Arab dan Tionghoa. Masyarakat Betawi sendiri bermukim di seluruh wilayah Jakarta, tidak terkecuali daerah pesisir. Masyarakat Betawi yang bermukim di wilayah pesisir inilah yang kita kenal dengan sebutan Betawi Pesisir.

Masyarakat Betawi Pesisir banyak mendiami wilayah pesisir Jakarta. Kebudayaan Betawi Pesisir sendiri masih terbagi menjadi 2, yaitu Betawi Pesisir Pulo dan Betawi Pesisir Darat. Betawi Pesisir Pulo meliputi wilayah Kepulauan Seribu, sedangkan Betawi Pesisir Darat meliputi wilayah Dadap, Muara Baru, Sunda Kelapa, Kampung Bandan, Ancol, Tanjung Priok, Marunda, dan beberapa wilayah pesisir lainnya.

Kalau berdasarkan yang Bang Jek baca sih, perekonomian masyarakat Betawi Pesisir itu banyak bergantung dari hasil laut. Sebagian dari mereka berprofesi sebagai nelayan, sedangkan sebagian lainnya menggantungkan hidup dari sektor lain. Mendiami wilayah pesisir menjadikan masyarakat Betawi Pesisir sangat terbuka dengan pendatang dan menjadikan mereka kaya akan percampuran budaya seperti budaya Melayu dan Arab.

ketupat-55ab3a49c223bd5a17384dfb.jpg

Tahu ketupat kan ? Makanan yang terbuat dari beras yang dimasukkan dalam daun kelapa ini merupakan salah satu tradisi kuliner masyarakat Betawi Pesisir lho. Pohon kelapa yang banyak tumbuh di wilayah pesisir menjadikan wilayah Betawi Pesisir sebagai daerah penghasil ketupat. Bahkan wilayah pesisir ini sempat dijuluki Nusa Kalapa karena banyaknya pohon kelapa yang tumbuh di sana.

Itu dia sedikit cerita #JakarteKite hari ini mengenai masyarakat Betawi Pesisir. Bang jek harap bisa menambah wawasan sobat iJak semuanya. Nantikan topik #JakartaKite berikutnya yah 🙂