5 Tips Membuat ePustaka di iJakarta Ramai Pengunjung

CvHErBPWIAQe7Fv

Dalam tulisan terdahulu, kita telah mengulas cara membuat ePustaka dalam aplikasi iJakarta serta mendonasikan ebook di dalamnya. Setelah membuat ePustaka dan mendonasikan buku di dalamnya, tentu saja pekerjaan kita belum selesai. Tentunya sobat iJak ingin supaya ePustaka yang dibuat ramai dikunjungi oleh para member serta buku-buku yang kalian donasikan juga banyak dipinjam serta ePustaka, bukan ? Nah, kalau begitu simak yuk beberapa tips bagaimana membuat ePustaka di iJakarta yang ramai oleh pengunjung.

1. Tidak Disetting Private

Untuk membuat ePustaka ramai oleh pengunjung, langkah pertama yang harus dilakukan adalah tidak disetting private. Setting private akan membuat para member tidak bisa melihat keberadaan ePustaka dan buku-buku yang sobat iJak donasikan di dalamnya. Bukankah berbagi itu bikin happy ?

2. Donasikan Buku-Buku Yang Banyak Antrian

Mungkin banyak sobat iJak yang melihat beberapa buku di iJakarta dengan antrian yang mengular. Tidak hanya belasan, tapi antrian sudah mencapai puluhan bahkan ratusan. Buku-buku dengan antrian panjang ini tentu saja akan membuat para member bergabung dalam ePustaka yang sobat iJak miliki bila kalian donasikan. Walaupun bisa jadi buku-buku tersebut bukan termasuk buku yang sobat iJak sukai, tapi mendonasikan beberapa buku-buku dengan antrian panjang ini akan membuat orang yang bergabung dalam ePustaka sobat iJak juga akan melihat koleksi buku-buku lain yang sudah kalian donasikan sebelumnya.

3. Promosikan ePustaka

Supaya orang lain lebih banyak tahu mengenai keberadaan ePustaka kalian di iJakarta, sering-sering promosiin ePustaka yang kalian miliki di social media. Caranya juga mudah banget lho. Klik icon share yang berada di sudut kanan atas ePustaka, lalu pilih akan direkomendasikan ke social media yang mana. Lakukan cara ini beberapa kali dalam seminggu sehingga teman-teman kalian di social media jadi lebih banyak yang tahu.

4. Manfaatkan Feeds

Seperti yang sudah diketahui, beberapa aktifitas yang dilakukan di iJakarta akan tampil pada halaman Feeds. Manfaatkan halaman Feeds ini untuk mempromosikan ePustaka dan koleksi buku yang sobat iJak miliki di dalamnya. Misalnya dengan meminjam buku-buku yang sedang tidak dipinjam dalam ePustaka. Aktifitas meminjam ini akan tampil di Feeds dan akan dilihat oleh member iJakarta yang lain. Bukan tidak mungkin ada member yang kebetulan sedang memantau Feeds dan kemudian tertarik untuk meminjam buku yang baru kita pinjam tersebut.

5. Buat Profil ePustaka Yang Menarik

Tulislah profil ePustaka yang semenarik mungkin. Misalnya, ePustaka milik sobat iJak menerima request buku-buku yang ingin didonasikan oleh member lain. Dengan demikian orang-orang akan meramaikan kolom ulasan dalam ePustaka milik sobat iJak. Bisa juga dengan menuliskan komentar pada kolom ulasan buku yang ramai dan memberitahu bahwa ePustaka yang kita miliki menerima request donasi buku. Bila permintaan request donasi sudah mulai membanjiri kolom ulasan pada ePustaka milik sobat iJak,  jangan lupa untuk menimpali permintaan-permintaan tersebut sehingga akan membuat ePustaka terlihat ramai dan interaktif.

Bagaimana ? Tidak sulit bukan bagaimana membuat ePustaka yang sobat iJak miliki menjadi ramai oleh para pengunjung ? Mudah-mudahan berhasil yah setelah mencvoba beberapa tips dalam artikel ini. Selamat mencoba sobat iJak 🙂