Pilkada DKI Jakarta Putaran Kedua

quick1

Pilkada DKI Jakarta putaran kedua sudah dilaksanakan serentak pada hari Rabu tanggal 19 April 2017 kemarin setelah melewati masa kampanye dan debat selama beberapa pekan. Dua kandidat tersisa yakni paslon petahana dengan nomor 2 yakni Basuki – Djarot yang diusung oleh Partai PDIP, Golkar, Nasdem dan beberapa partai lain. Yang berikutnya adalah paslon nomor 3 yakni Anies – Sandi yang diusung oleh Partai Gerindra, PKS dan beberapa partai lain.

quick2

TPS di seluruh penjuru DKI Jakarta sudah dibuka sejak pk.07.00 dan ditutup hingga pk.13.00. Isu-isu negatif yang berkembang beberapa hari sebelum pemilihan juga tidak terbukti. Jalannya proses pencoblosan terbilang cukup lancar dan damai. Bahkan media-media dalam dan luar negeri juga turut memantau jalannya Pilkada DKI Jakarta putaran kedua ini.

quick

Setelah TPS ditutup, proses penghitungan langsung dimulai secara manual maupun oleh team penghitungan cepat yang berada di sejumlah TPS. Dalam waktu singkat, data hasil penghitungan cepat mulai masuk. Beberapa penghitungan cepat yang dilakukan oleh sejumlah lembaga menempatkan paslon nomor 3 sebagai pemenang Pilkada DKI Jakarta putraran kedua. Sore kemarinpun kedua paslon sudah mengeluarkan pernyataan terkait hasil penghitungan cepat yang didapat. Dimana pasangan Anies – Sandi yang dinyatakan sebagai pemenang versi penghitungan cepat, mengajak semua pendukungnya untuk tidak jumawa dan berjanji untuk menjalin kebersamaan dalam membangun Jakarta. Sedangkan dari pihak Basuki – Djarot dalam statement resminya menerima dengan legowo hasil penghitungan cepat dan berjanji akan menuntaskan pekerjaan yang tersisa hingga prosesi pelantikan Gubernur pada bulan Oktober 2017. Jadi sobat iJak, sambil menunggu hasil penghitungan resmi dari KPU tiba, yuk kita jaga perdamaian dan kestabilan politik di kota Jakarta.