Mengapa Harus Menulis Ulasan Setelah Membaca Buku Di iJakarta ?

comment-png-5

Membaca melalui aplikasi perpustakaan digital iJakarta mungkin sudah mulai menjadi bagian dari keseharian. Setiap hari banyak member baru yang bergabung di iJakarta dan langsung meminjam koleksi buku-buku yang berada di dalamnya. Nah, hari ini kita akan membahas kenapa sobat iJak perlu untuk menuliskan ulasan dari buku-buku yang sudah dibaca di iJakarta. Simak yuk

1. Berbagi Kesan Yang di Rasakan

Ketika membaca sebuah buku, tentu ada sebuah kesan yang dirasakan terhadap buku tersebut. Sobat iJak bisa menuliskan kesan tersebut dalam kolom ulasan, dan lihat apakah ada pembaca lain yang ternyata merasakan kesan yang kamu rasakan tersebut.

2. Membantu Sesama Member

Terkadang ketika kita sedang ingin membaca buku, kita tentu membutuhkan sebuah rekomendasi, apakah buku yang ingin dibaca bagus atau tidak. Ulasan terhadap sebuah buku yang teklah selesai kita baca di iJakarta, tentunya akan sangat membantu member lain yang juga ingin membaca buku tersebut.

3. Melatih Kemampuan Mengulas

Semua orang pada dasarnya suka membaca, tapi tidak semua orang mampu menulis berdasarkan apa yang dirasakannya. Secara tidak langsung, ulasan buku yang kita tuliskan setelah membaca akan melatih kemampuan mengulas sebuah buku. Bukan tidak mungkin berawal dari menulis ulasan buku di iJakarta, akan menjadikan kita seorang pengulas buku ternama tanah air.

4. Memberi Argumen Yang Berbeda

Selera semua orang jelas berbeda. Begitupun saat membaca sebuah buku. Bisa saja komentar orang saat membaca sebuah buku positif banget, ada yang biasa saja, ada yang bilang kurang suka. Dengan memberi ulasan pada buku yang sudah kita baca, sobat iJak bisa memberikan warna yang bisa jadi berbeda dari pendapat orang lain pada umumnya. Tidak perlu kuatir selama penyampaiannya tetap dalam bahasa yang santun.

5. Membaca Jadi Lebih Detail

Semakin sering sobat iJak menuliskan ulasan buku yang telah selesai dibaca di iJakarta, akan membuat kalian ingin menuliskan sebuah ulasan yang berbeda dibandingkan orang lain. tentunya kalian akan mencari celah-celah yang mungkin belum ditulis orang lain. Dan tentu saja celah itu akan didapat bila buku tersebut dibaca dengan detail. Jadi secara tidak langsung akan memcu sobat iJak untuk membaca buku jadi lebih detail dari sebelumnya.

Banyak bukan manfaat rajin memberi ulasan dari sebuah buku ? Jadi kalau sobat iJak masih ragu untuk memberikan ulasan terhadap buku-buku yang sudah selesai kalian baca di iJakarta, mulailah dari sekarang juga. Karena lebih baik mencoba daripada tidak sama sekali, bukan ? Selamat mengulas buku 🙂