Workshop Berbasis Koleksi : Eksplorasi Tas Gaya Vintage

work1

Hari Rabu tanggal 24 Mei 2017 bertempat di Ruang Serbaguna Kantor Walikota Jakarta Selatan, berlangsung acara Workshop Berbasis Koleksi : Eksplorasi Tas Gaya Vintage. Acara ini terselenggara berkat kerjasama dari Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Selatan, Tim Penggerak PKK Jakarta Selatan, iJakarta dan Penerbit Tiara Aksa.  Simak yuk liputan Bang Jek dari lokasi Workshop Berbasis Koleksi ini.

work2

work3

Pk.08.00 para ibu-ibu dari Tim Penggerak PKK Jakarta Selatan sudah ramai berdatangan untuk mengikuti acara workshop ini. Setelah melakukan registrasi, para ibu-ibu diminta untuk download aplikasi iJakarta. Trus ada ibu yang nanya sama Bang Jek. Kenapa harus download aplikasi iJakarta sih ? Bang Jek langsung kasih tahu deh, kalau Workshop yang diadakan kali ini, bukunya dapat dibaca langsung melalui aplikasi iJakarta. Buku yang diangkat kali ini berjudul Eksplorasi Tas Gaya Vintage karya Devi Indah Bestari. Dan dalam kesempatan kali ini, ibu-ibu yang hadir akan belajar membuat pouch untuk tempat kacamata. Seru banget kan ? Pk.08.15 acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars PKK dan sambutan-sambutan.

work4

work6

Setelah sambutan-sambutan, maka dimulailah workshop membuat pouch kacamata. Setiap ibu-ibu yang datang diberikan pola dan alat menjahit. Meskipun para ibu-ibu dibuat berkelompok berdasarkan kecamatan tempat mereka berasal, tapi mereka tetap membuat pouch masing-masing lho. Kebersamaan ibu-ibu bolehlah Bang Jek acungi jempol. Ibu-ibu ini saling membantu satu sama lain supaya pekerjaan cepat selesai. Ada yang membantu memasukkan benang ke jarum, ada yang membuka aplikasi iJakarta untuk melihat cara membuatnya kemudian mengajarkan pada ibu-ibu yang lain, ada juga yang bertanya langsung pada Mbak Devi dan mengajarkan pada rekan-rekannya. Keren banget lho.

work7

work8

Satu persatu beberapa ibu-ibu berhasil menyelesaikan pouch yang mereka buat dan langsung pada laporan sama Bang Jek. Wuiihh bangga banget deh Bang Jek sama ibu-ibu dari Tim Penggerak PKK Jakarta Selatan. Trus yang bikin Bang Jek tambah seneng, ada beberapa ibu-ibu yang bakal manfaatin aplikasi iJakarta buat lihat-lihat resep masakan untuk menu di bulan puasa. Kereen..

work9

work5

Ini dia pouch kacamata yang sudah selesai dibuat oleh ibu-ibu dari Tim Penggerak PKK Jakarta Selatan. Lucu kan pouch nya ? Beda-beda warnanya dan juga rapi jahitannya. Padahal ini jahitan tangan lho. Pouch yang telah selesai dijahit ini kemudian dinilai dan yang beruntung akan mendapatkan bingkisan dari penerbit Tiara Aksa. Asyik kan ? Kalau ngelihat ibu-ibu pada semangat gini, Bang Jek jadi pengen buat bikin workshop lain lagi di tempat yang berbeda. Tungguin yaah…