Pasar Bedug

Bang Jek sempat nanya nih sama semua sobat iJak. Apaan sih yang paling ditunggu kalau memasuki bulan Ramadhan ? Ternyata jawabannya banyak banget. Jawaban paling banyak adalah Adzan Maghrib. Dan yang juga cukup banyak dijawab oleh sobat iJak adalah Pasar Bedug.  Kalo gitu, nyok simak ulasan Bang Jek seputar Pasar Bedug Ramadhan yang banyak digelar di berbagai tempat selama bulan Ramadhan tiba.

pasar1

Pasar Bedug biasanya hadir di sebuah tempat yang luas dan berlokasi di dekat pusat keramaian. Pasar ini menjual makanan dan minuman untuk menu berbuka puasa. Di dalam Pasar Bedug banyak pedagang yang membuka lapak mereka. Terkadang beberapa pedagang menjual varian makanan dan minuman yang tidak jauh berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Tapi ada pula beberapa pedagang yang menjual jenis makanan atau minuman yang berbeda dari kebanyakan pedagang.

pasar2

Salah satu jenis dagangan di pasar bedug yang cukup banyak peminatnya adalah kue-kue jajanan pasar. Karena peminatnya memang tinggi, tidak heran cukup banyak pedagang yang menjual kue-kue jajanan pasar di Pasar Bedug. Dengan demikian keramaian pengunjung tidak terfokus di satu lapak saja. Jajanan pasar yang cukup diminati antara lain kue lupis, kue lumpur, kue sus, lemper, lontong, risoles dan sebagainya. Harga kue jajanan pasar yang dijual di Pasar Bedug ini juga terbilang cukup murah, yaitu mulai dari Rp.2.000,- .

pasar3

Selain kue-kue jajanan pasar, berbagai jenis minuman segar untuk berbuka puasa juga banyak dijual di Pasar Bedug. Beberapa jenis minuman yang sempat Bang Jek lihat antara lain Es Jeruk Peras, Sop Buah, Es Dawet, Es Buah, Es Campur, aneka kolak dan masih banyak jenis minuman segar lainnya. Duuh, Bang Jek sambil ngelap iler nih nulisnya. Hahahaha…

pasar4

Ngga cuma makanan ringan dan es segar saja yang dijual di Pasar Bedug. Biasanya juga ada pedagang yang menjual makanan khas daerah tertentu seperti empek-empek dan juga makanan berat untuk lauk nasi. Biasanya kalau lagi Ramadhan begini kan, ada saja hari di mana sobat iJak lagi mendadak males memasak buat makan sehabis berbuka dan sahur. Kehadiran penjual lauk-pauk ini tentunya akan sanghat membantu buat yang sedang malas memasak di rumah. Tinggal dihangatkan saja sesampai di rumah, maka lauk-pauk siap untuk disantap.

Asyik banget lho jalan-jalan Bang Jek ke Pasar Bedug. Yang jelas, jangan sampai kalap lho kalau belanja di sana. Karena memang harga yang murah akan membuat kita ingin membeli banyak makanan. Padahal belum tentu kita mampu menghabiskan semuanya. Padahal salah satu inti dari berpuasa kan adalah menahan hawa nafsu dong yah. Berarti kita juga harus mampu menahan hawa nafsu untuk tidak membeli banyak makanan yang nantinya malah jadi mubazir. Jadi pastikan dulu apa saja yang akan dibeli, sehingga begitu sampai di Pasar Bedug kita sudah tahu apa saja yang ingin dibeli. Selamat berburu makanan dan minuman di Pasar Bedug.