Perjuangan Berpuasa Di Greenland

[VISUAL POST] Puasa (2)

Kita diwajibkan menunaikan ibadah puasa satu bulan penuh di bulan Ramadhan dimulai saat terbit fajar hingga hilangnya siang. Di Indonesia sendiri lama berpuasa di setiap bagian waktu berkisar antara 12 – 13 jam setiap hari. Tapi tidak sedikit lho diantara kita yang masih suka mengeluh menjalankan ibadah puasa. Akibatnya mudah ditebak, banyak yang mudah sekali memutuskan untuk membatalkan puasa hari itu. Padahal mungkin cuma melakukan pekerjaan sedikit berat daripada biasanya mungkin.

Nah, buat sobat iJak yang masih suka ngeluh dan suka ngegampangin buat batal puasa, kalian harus banyak-banyak bersyukur sebenarnya. Kenapa Bang Jek ngomong begitu ? Karena kita masih mending cuma ngejalanin puasa selama 12-13 jam perhari. Bayangin kalau kalian tinggal di Greenland yang masih masuk otoritas negara Denmark, di sana matahari bisa bersinar sepanjang hari lho. Kenapa bisa begitu ? Karena kondisi alam Greenland yang dekat dengan Antartika ini memang membuat matahari bersinar lebih lama saat musim panas tiba. Dan kalau mau ngikutin aturan, warga Greenland  bisa berpuasa selama 21 jam setiap harinya. Untungnya sih warga Greenland diperbolehkan mengikuti waktu berpuasa di Mekkah, sobat iJak. Walaupun begitu, tidak sedikit warga Muslim di Greenland yang tetap memutuskan untuk berpuasa selama 21 jam dan mereka bangga karena mampu melakukannya.

Luar biasa bukan perjuangan warga Muslim di Greenland untuk menjalankan ibadah puasa mereka ? Jadi buat sobat iJak yang masih suka ngeluh atau masih suka gampang ngebatalin puasa padahal cuma melakukan sedikit kerja extra di siang hari, inget deh sama saudara-saudara kita yang harus menjalani ibadah puasa selama 21 jam. Semangat menjalankan ibadah puasa 🙂