Tips Mengatur Pola Makan Saat Sahur

sahur

Bang Jek sering ngomel sama Mpok Maya nih beberapa hari terakhir ini. Soalnya Mpok Maya sering banget ngeluh kalo badannya lemes dan gak bertenaga. Diajakin jalan ke sana sini bawaannya males melulu. Emang sekarang lagi bulan puasa sih, tapi kan bukan berarti jadi ngeluh lemes sepanjang hari. Padahal sih, kalo pinter ngatur menu saat sahur, bisa jadi keluhan lemes dan gak bertenaga mungkin bisa diminimalisir. Nah, buat sobat iJak yang sering ngalamin lemes saat berpuasa kaya Mpok Maya, simak yuk beberapa tips dari Beng Jek seputar mengatur menu saat sahur.

  1. Minumlah air putih sebelum memulai makan sahur. Karena selama bulan Ramadhan ini tubuh kita otomatis tidak mendapatkan asupan air di siang hari, sehingga kita perlu membekali dengan cairan yang cukup.
  2. Perbanyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin C supaya tidak mengalami sembelit, tidak mengalami bibir pecah-pecah dan sariawan.
  3. Perbanyak makan-makanan yang mengandung zat besi, supaya pasokan zat besi dalam tubuh tercukupi. Kalau kebutuhan zat tubuh dalam tubuh tercukupu, tubuh kita akan bugar dan tidak mudah mengantuk.
  4. Kurangi makan goreng-gorengan saat sahur, karena makanan yang digoreng akan menyebabkan efek mengantuk.
  5. Karena kita akan berpuasa, tubuh kita tentunya butuh energi yang cukup untuk tetap dapat beraktifitas. Makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi merah, ubi atau roti gandum tentunya bisa disantap supaya tubuh tidak lemas dan tidak mudah lapar saat menjalankan ibadah puasa.
  6. Kurangi minum minman yang mengandung zat duretic seperti kopi atau teh karena zat duretic akan membuat kita jadi lebih sering buang air kecil dan akibatnya tubuh malah jadi kekurangan cairan.

Tentu saja efek makanan terhadap tubuh tidak sepenuhnya sama antara individu yang satu dengan individu yang lain. Akan tetapi kalau kita berusaha untuk memberikan makanan yang terbaik untuk tubuh kita, minimal kita akan mendapatkan manfaat yang baik untuk dirasakan oleh tubuh kita. Sudahkah sobat iJak mengatur pola makan yang baik di bulan puasa ini ?