10 Tips Mudik Ala Bang Jek

Gambar DP BBM Mudik Lebaran Pulang Kampung 2

Waah bulan Ramadhan sudah memasuki pekan terakhir nih. Tentu sebagai muslim yang taat ada perasaan sedih karena Ramadhan akan segera berlalu. Sedih karena tentu kita tidak pernah tahu, masihkah kita bisa bertemu dengan Ramadhan yang akan datang.  Diluar kesedihan kita karena akan meninggalkan bulan Ramadhan, terselip juga suka cita karena bisa jadi akan merayakan lebaran di kampung halaman. Tradisi mudik tidak pernah hilang dari tahun ke tahun. Buat sobat iJak yang tahun ini sedang bersiap untuk mudik, simak yuk beberapa tips dari Bang Jek supaya kegiatan mudiknya aman dan lancar.

1. Packing Jauh-Jauh Hari

Lakukan packing barang yang ingin dibawa jauh-jauh hari sebelum mudik. Bawalah pakaian yang benar-benar akan digunakan di kampung halaman. Tidak perlu memindahkan isi lemari ke dalam koper atau ransel yang akan membuat barang bawaan sobat iJak jadi melebihi kapasitas. Ingat, biasanya pulang mudik barang bawaan kita biasanya akan jadi lebih banyak dengan adanya oleh-oleh dari kampung halaman. Dengan selesainya urusan packing sebelum mudik, maka kita bisa konsentrasi memikirkan hal-hal lainnya.

2. Tentukan Moda Transportasi Yang Akan Digunakan

Menentukan akan naik apa untuk mudik lebaran kali ini sudah harus dipikirkan jauh-jauh hari sebelum puasa tiba. Harga tiket yang selalu melonjak saat musim mudik tiba membuat keputusan untuk naik kendaraan apa tentu harus dipikirkan matang-matang. Karena ini menyangkut budget yang akan dikeluarkan untuk mudik. Bila memutuskan untuk naik angkutan umum seperti pesawat, bus, kereta atau kapal laut, maka pastikan sudah dipesan sebelum puasa tiba. Selain supaya bisa dapat harga lebih murah, yang paling penting adalah kepastian tiket sudah dalam genggaman akan membuat persiapan mudik jadi lebih tenang.

3. Cari Jalur Alternatif Bila Menggunakan Kendaraan Pribadi

Bila akhirnya diputuskan untuk membawa kendaraan sendiri, ada baiknya sobat iJak mencari-cari jalur mudik alternatif yang tidak terlalu banyak digunakan oleh para pemudik. Apalagi bila berangkat di saat mendekati puncak arus mudik. Jalan-jalan utama yang digunakan oleh pemudik beserta kendaraan umum lainnya sudah dipastikan akan tumpah ruah di sepanjang jalur mudik.

4. Tidur Yang Cukup Sebelum Mudik

Mudik dengan moda transportasi apapun, pastikan tidur yang cukup sebelum memulai perjalanan. Jangan sampai karena ngantuk, trus ada koper yang tertinggal di rumah. Terutama untuk yang akan bepergian menggunakan kendaraan pribadi, menyetir dalam keadaan mengantuk akan sangat membahayakan. Tidak hanya nyawa sendiri, tapi juga anggota keluarga lain yang berada di dalam kendaraan.

5. Buat List Daftar Barang Yang Dibawa

Alangkah lebih baik bila kita membuat sebuah daftar barang bawaan yang akan dibawa saat mudik. Misalkan berapa potong baju yang kita bawa, bila perlu tulis detail baju apa saja yang dibawa. Dengan demikian akan meminimalisir pakaian yang kita bawa tertinggal di kampung halaman. Selain jauh ngambilnya, mengirimkan sehelai atau dua helai baju kok rasanya ngga enak yah. Padahal bisa saja itu pakaian yang baru dibeli dengan harga yang lumayan. Dengan membuat daftar, kita akan meminimalisir kejadian-kejadian semacam itu.

6. Pastikan Kendaraan Dalam Kondisi Prima

Buat sobat iJak yang mudik dengan menggunaka kendaraan pribadi, pastikan kondisi kendaraan yang akan digunakan dalam kondisi prima. Lakukan service kendaraan sebelum perjalanan mudik dimulai. Jangan lupa untuk ganti oli dan aki dengan yang baru. Dengan kendaraan yang prima, akan meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan sepanjang perjalanan seperti mobil mogok di tengah perjalanan.

7. Bawalah Obat-Obatan Secukupnya

Point ini berlaku untuk sobat iJak yang ingin mudik dengan moda transportasi jenis apapun. Karena kita tidak pernah tahu kondisi badan saat dalam perjalanan. Jadi pastikan membawa obat-obatan seperlunya seperti minyak angin, balsem, obat sakit kepala atau obat maag bila memang memiliki riwayat sakit maag. Bila memang ada riwayat penyakit lain yang mungkin kambuh seperti asma, membawa inhaler tentu sudah sebuah keharusan. Dan berlaku untuk yang memiliki riwayat penyakit lain yang mungkin bisa kambuh sewaktu-waktu.

8. Pastikan Smartphone Sudah Di Charger 

Sebelum berangkat, pastikan smartphone sudah dalama kondisi baterai terisi penuh. Pastikan juga smartphone dalam kondisi baik dan berisi pulsa. Dengan demikian keluarga di kampung halaman dapat selalu memonitor posisi kita saat dalam perjalanan. Selain itu kita juga dengan mudah dapat menghubungi orang-orang atau mencari lokasi bengkep terdekat apabila menemukan satu dua hambatan seperti mobil mogok atau pecah ban.

9. Siapkan Hiburan Dalam Perjalanan

Perjalanan mudik tentunya membutuhkan waktu untuk sampai di tempat tujuan. Menyediakan hiburan selama dalam perjalanan sudah pasti sangat dibutuhkan. Membaca di perjalanan tentu pilihan yang menyenangkan. Tapi kalau repot membawa buku yang tebal dan berat dalam perjalanan tingga donwload aplikasi iJakarta saja dong. Ada ribuan buku yang bisa dibaca melalui smartphone yang sobat iJak miliki tentunya. Setelah buku dipinjam, kita bahkan bisa membaca secara offline. Jadi tetap bisa membaca meskipun di dalam pesawat atau sewaktu melewati wilayah yang minim sinyal. Menarik bukan ?

10. Berdoa

Jangan lupa berdoa sebelum memulai perjalanan. Berdoa untuk keselamatan dan kelancaran perjalanan mudik yang akan dilakukan dan berdoa semoga kita dapat dipertemukan dengan bulan Ramadhan lagi.

Mudah-mudahan 10 tips mudik ala Bang Jek ini bisa berguna untuk semua sobat iJak yang akan segera melakukan perjalanan mudik lebaran tahun ini. Bang Jek ucapkan selamat mudik dan semoga selamat sampai di kampung halaman. Jangan lupa kasih tahu handai taulan di kampung halaman tentang iJakarta yah 🙂